NUGROHO , WACHID OKTAVIARTO (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MINIATUR HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN NGRECO 2 WERU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (395kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (268kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA tentang Penyesuaian Diri Hewan melalui penggunaan alat peraga miniatur hewan pada siswa kelas V SDN Ngreco 2, Weru, Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Ngreco 2, Weru, Sukoharjo yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPA yang mencapai ketuntasan belajar ≥ 80 dari siklus I, II dan II mengalami peningkatan, serta keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar mengalami perubahan yang signifikan berkat penerapan metode penggunaan alat peraga miniatur hewan ini. Berikut ini dijelaskan secara singkat peningkatan yang dicapai dari siklus ke siklus mengenai beberapa aspek : siswa aktif mengajukan pertanyaan pada siklus I sebanyak 2 siswa (9,52%), siklus II 8 siswa (38,09%), siklus III 10 siswa (47,61%), siswa aktif menjawab pertanyaan pada siklus I sebanyak 4 siswa (19,04%), siklus II 7 siswa (33,33%), siklus III 15 siswa (71,42%), siswa aktif menyampiakan pendapat pada siklus I sebanyak 2 siswa (9,52%), siklus II 5 siswa (23,80%), siklus III 12 siswa (57,14%), dan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 3 siswa (14,28%), siklus II 14 siswa (66,66%), siklus III 21 siswa (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penggunaan alat peraga miniatur hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi Penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan pada kelas V SDN Ngreco 2, Weru, Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Alat Peraga Miniatur Hewan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 09:03 |
Last Modified: | 05 Jul 2011 09:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13305 |
Actions (login required)
View Item |