PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

AMBARWATI , RIA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi sains teknologi dan masyarakat yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 73,68 dari nilai awal sebesar 68,68; sedangkan nilai rata-rata afektif pada siklus I sebesar 14,89 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 81,57 dari siklus I yang hanya73,68; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 16,52 (termasuk kategori berminat). Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi sains teknologi dan masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 08:00
Last Modified: 05 Jul 2011 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item