KUSUMANINGRUM , ERVIAN (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (152kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_new.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
lAMPIRAN_LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model picture and picture . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Masaran IV, dengan subjek guru dengan siswa kelas V. Jumlah siswanya adalah 30 siswa dengan rincian 14 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran keterampilan menulis yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Masaran IV, Masaran, Sragen. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tersebut ditandai dengan meningkatnya aktifitas belajar siswa: 1) siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran; 2) siswa yang mengerjakan tugas sendiri; 3) siswa yang antusias menjawab soal; 4) siswa yang mengerjakan tugas menulis yang diberikan oleh guru dengan serius. Adapun peningkatan keterampilan menulis karangan narasi juga ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan, yaitu pada siklus I adalah 9 siswa dari 29 siswa (30%). Pada siklus II menjadi 20 siswa (66%) dan meningkat lagi pada siklus III, yaitu 25 siswa (83%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran picture and picture. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2011 05:25 |
Last Modified: | 28 Jun 2011 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13153 |
Actions (login required)
View Item |