PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GATAK TAHUN AJARAN 2010/2011

KENCANANINGRUM , ARISTA (2011) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GATAK TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar kelas VII SMP N 2 Gatak.2) Untuk mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar kelas VII SMP N 2 Gatak.3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar kelas VII SMP N 2 Gatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Gatak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah seluruhnya 280 siswa. Sampel diambil sebanyak 42 siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi ganda yang diperoleh adalah Y = 83,817 + 0,149X1 + 0,135X2 artinya minat belajar dan kepedulian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 2) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,205 > 2,021 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,033. 3) kepedulian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,116 > 2,021 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. 4) minat belajar dan kepedulian orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,380 > 3,23 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,043. 5) Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 10,5%. Variabel kepedulian orang tua memberikan sumbangan efektif 14,9%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 25,4%, sedangkan 74,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar siswa, minat belajar dan kepedulian orang tua.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2011 04:42
Last Modified: 24 Jun 2011 09:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item