MURTINI , MURTINI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Tengklik II yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik trianggulasi dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengajukan pertanyaan/menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09% dan setelah tindakan 63,63%, 2) mencatat materi sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 75,75%, 3) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan 69,69%, 4) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan 18,19% dan setelah tindakan 60,60%, 5) mengerjakan PR sebelum tindakan 45,45% dan setelah tindakan 87,87%, 6) hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan meningkat menjadi 81,81%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran model SMS (Serius Mengerjakan Soal) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, SMS (Serius Mengerjakan Soal). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2011 05:25 |
Last Modified: | 23 Jun 2011 09:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13066 |
Actions (login required)
View Item |