PRATAMA , RATIH SORAYA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI TEKNIK JARIMATIKA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (129kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada bidang studi matematika ,dan 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui teknik berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Simo Boyolali yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan : 1) pembelajaran matematika dengan penerapan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa, yang meliputi a) kecepatan dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I sebesar 47,22% (17 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33% (29 siswa), b) ketepatan siswa dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% (9 siswa), pada siklus I sebesar 44,44% (16 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 86,11% (31 siswa), c) kebenaran dalam proses pengerjaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I sebesar 38,89% (14 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan sebesar 86,11% (31 siswa), d) ketelitian dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I sebesar 38,89% (14 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 86,11% (31 siswa), serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan teknik berhitung jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 67 sebelum dilakukan tindakan adalah 38,89 % (14 siswa), pada siklus I sebesar 66,67% (24 siswa) dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 88,89% (32 siswa). Berdasarka hasil penelitian tersebut teknik berhitung jarimatika dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan berhitung siswa yang berakibat pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, teknik jarimatika, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2011 05:03 |
Last Modified: | 23 Jun 2011 09:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13064 |
Actions (login required)
View Item |