WURYANTI , RINA SRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas melalui aspek afektif, yang meliputi (a) Kehadiran siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100%, (b) Keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (c) Kedisiplinan siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100 %, (d) Keberanian bertanya siswa dalam proses pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (e) Kemampuan menjawab pertanyaan siklus I 35,29 % menjadi 100 % pada siklus III. 2) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif, yaitu sebelum tindakan rata-rata kelas 45,88 atau 23, 52% menjadi 89,71 setelah tindakan atau 100% meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode pembelajaran Edutainment dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Edutainment. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 08:30 |
Last Modified: | 21 Jun 2011 08:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13056 |
Actions (login required)
View Item |