PRASETYANINGRUM , TRIWANITA INDRIANA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP MATERI BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA KELAS IV SDN 04 KUTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (330kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_1.pdf Download (255kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA terhadap materi bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 04 Kuto Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang semula hanya 43,4% siswa. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,2% (mengalami peningkatan sebesar 21,8%). Sedangkan pada siklus II hasil yang dicapai 82,6% (mengalami peningkatan sebesar 20,4%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi learning starts with a question (lsq), hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 05:58 |
Last Modified: | 21 Jun 2011 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13054 |
Actions (login required)
View Item |