PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011

HANDAYANI, NURUL (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya setelah diterapkan strategi tersebut meningkat menjadi 76%. Hal ini berbeda dengan sebelum dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II. Perolehan nilai pada siklus I mencapai 62% (16 siswa) dan pada siklus II mencapai 76% (20 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar ipa, Information Search
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 05:40
Last Modified: 21 Jun 2011 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item