WAHYUNINGSIH , ERVINA (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (107kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1 tahun ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata kelas, ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B, 2)10 siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk uji validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik menentukan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika sebelum dan setelah eksperimen (post test dan pre test). Sebagai matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji hipotesisnya adalah hasil post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes pilihan ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136 dengan db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian t0 > tt. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan pemberian model pembelajaran terarah bagi anak berkesulitan belajar matematika akan berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran terarah dengan media puzzle, pretasi belajar, anak berkesulitan belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 05:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2011 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13050 |
Actions (login required)
View Item |