MURWANTI , SILVIA ESTRI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (150kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VII PK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII PK yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan19,23% meningkat menjadi 65,38%; 2) Ada peningkatan antusias siswa di dalam diskusi sebelum dilakukan tindakan 57,69% meningkat menjadi 88,46%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal latihan sebelum dilakukan tindakan 38,46% meningkat menjadi 80,76%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, two stay – two stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 07:55 |
Last Modified: | 20 Jun 2011 07:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13031 |
Actions (login required)
View Item |