ASPEK PENDIDIKAN NILAI DALAM UPACARA CUKUR RAMBUT GOMBAK (Studi di Desa Batur Dusun Thekelan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang)

HARIYONO, PUJI (2011) ASPEK PENDIDIKAN NILAI DALAM UPACARA CUKUR RAMBUT GOMBAK (Studi di Desa Batur Dusun Thekelan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
halaman_judul.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang sejarah munculnya upacara tradisi cukur rambut gombak, menggambarkan alat - alat yang digunakan serta makna yang terkandung dalam tradisi cukur rambut gombak, mendeskripsikan prosesi tradisi cukur rambut gombak serta menguraikan aspek pendidikan nilai dalam tradisi upacara adat cukur rambut gombak di desa batur dusun thekelan kecamatan getasan kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi langsung dan wawancara mendalam. untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpul data, sedangkan untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Tradisi Cukur Rambut Gombak dapat dimaknai dari dua sisi, yaitu historis dan filosofis. Secara historis, tradisi ini sudah ada sejak nenek moyang mereka dan mengandung nilai-nilai yang patut dilestarikan. Sedangkan secara filosofis, tradisi ini merupakan perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. 2) Dalam upacara Cukur Rambut Gombak adalah melalui simbol-simbol yang merupakan suatu penafsiran serta digunakan manusia untuk mengungkap pemikirannya tentang Tuhan, Adanya peralatan seperti (Lilin,Tumpeng telur,Tumpeng berwarna putih, Bunga dan kewangen, Jajan pasar, Dupa, Air putih, Buah-buahan, Kain mori berwarna atau kain kuning, Payung agung, Cincin emas, Tangga tebu, Tampah, Bubur putih, Tumpeng sangga langit, Pisang raja talun setandan) bertujuan untuk menanamkan suasana khusuk dalam suatu ritual dan menambah keyakinan terhadap sang pencipta. 3) Upacara Cukur Rambut Gombak adalah suatu upacara ritual bagi anak berambut gombak untuk menghilangkan hal-hal yang buruk dan gaib pada diri anak tersebut. Adapun tujuan upacara cukur rambut gombak untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha, supaya kelak mudah mendapatkan rejeki, tidak sakit-sakitan, gampang dimong (mudah dirawat), patuh terhadap orang tua dan diberikan kebahagiaan dunia akhirat. 4) Aspek Pendidikan Nilai yang terkandung, yang diambil dari kebiasaan hidup yang disadari seperti yang diketahuinya dari dirinya dan dari orang lain yaitu emosi, perbuatan serta nilai-nilai manusia meliputi(nilai ketaatan, nilai sosial, nilai kebersihan, nilai religius, nilai etika. Tradisi Cukur Rambut Gombak dapat berfungsi sebagai sarana ritual untuk mencapai kebahagiaan, kebebasan dari mahluk gaib yang diyakini ada dalam diri anak berambut gombak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-37
Uncontrolled Keywords: pendidikan, nilai, upacara, cukur rambut gombak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:40
Last Modified: 31 Oct 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item View Item