HASTUTI, WIJI (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN (Studi Situs Di SMK Sudirman 1 Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (428kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Download (18kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri pengelolaan pembelajaran berbasis kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri, yang meliputi: 1) Ciri-ciri pemgembangan materi kewirausahaan, 2) Ciri-ciri interaksi antara guru dan siswa 3) Ciri-ciri evaluasi pembelajaran kewirausahaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi yang mengambil lokasi di SMK Sudirman 1 Wonogiri. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru-guru kewirausahaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) Ciri-ciri pengembangan materi kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri pada kompetensi mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha serta mengelola usaha kecil. Pengembangan materi meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pengembangan materi pada aspek kognitif dengan menambah pengetahuan tentang semangat wirausaha, keuletan dan pantang menyerah untuk memperluas pengetahuan siswa sehingga tidak mudah putus asa dalam menghadapi tantangan. Pada aspek afektif melalui penanaman sikap kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, kreatif dan inovatif, keuletan, pantang menyerah. Pada aspek psikomotorik melalui praktik kantin kejujuran, membuat tempat tisue, direct selling, mengelola kantin dan pertokoan. 2) Ciri-ciri interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri adalah guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Pola interaksi guru dan siswa, siswa dan guru dilakukan pada metode ceramah pada saat guru menyampaikan materi dan terjadi tanya jawab di kelas. Pola interaksi guru dan siswa, siswa dan guru, siswa dan siswa terjadi melalui metode diskusi dan tanya jawab serta pada saat siswa praktik di pertokoan, kantin, direct selling. 3) Ciri-ciri evaluasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Sudirman 1 Wonogiri meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik penilaian untuk aspek kognitif melalui tes tertulis, aspek afektif menggunakan format penilaian sikap, siswa menilai dirinya sendiri dan juga siswa dinilai oleh guru, aspek psikomotorik dengan menggunakan format penilaian unjuk kerja dilakukan melalui pengamatan pada saat praktik. Hasil evaluasi menunjukkan untuk tes tertulis masih ada siswa yang nilainya di bawah KKM sehingga harus remidiasi, penilaian sikap rata-rata pada kategori nilai B (Baik) dengan skor 7,5-8,9, penilaian unjuk kerja rata-rata masih banyak siswa yang belum kompeten dalam praktik-praktik kewirausahaan skor di bawah 7,0.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, kewirausahaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 13 Jun 2011 09:44 |
Last Modified: | 13 Jun 2011 09:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
View Item |