Rohmah Nur Hidayati, Fatmi and -, Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and -, Dr. Fitri Puji Rahmawati, M.Pd., M.Hum (2024) Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Menulis Cerita Sederhana Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Bab I)
BAB 1 FATMI.pdf Download (347kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI FATMI.pdf Download (554kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FATMI.pdf Download (405kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V FATMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN FATMI (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah (1) Memaparkan implementasi pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar seri pada menulis cerita sederhana, (2) Mengetahui hasil analisis ketepatan pemakaian Bahasa pada tulisan sederhana siswa Sekolah Dasar, (3) Menjelaskan kendala dan Solusi pada pembelajaran PBL dan penggunaan media gambar seri. Penelitian ini yakni menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2024-April 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data yakni dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa Implementasi Problem-Based Learning (PBL) di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, yang menggunakan modul ajar dan media gambar seri, telah memberikan dampak positif terhadap keterampilan menulis siswa. Langkah-langkah PBL yang diterapkan mulai dari mengorientasikan siswa terhadap masalah hingga menganalisis hasil telah mendorong kreativitas dan keaktifan siswa dalam menulis cerita sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mampu menuliskan alur, tokoh, dan setting dengan baik sesuai potongan gambar. Meskipun terdapat kemajuan dalam penggunaan kata hubung, diksi, dan tanda baca, masih ada beberapa kendala, seperti penggunaan kata hubung yang berulang dan kesalahan tanda baca. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam penerapan media gambar seri dan peningkatan keterampilan pengelolaan masalah serta motivasi di kalangan siswa dan guru. Secara keseluruhan, penerapan PBL dengan media gambar seri terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, meskipun ada tantangan yang harus dihadapi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Media Gambar Seri; Menulis Cerita Sederhana |
Subjects: | E Education > Theory and practice of education > Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | FATMI ROHMAH NUR HIDAYATI |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128412 |
Actions (login required)
View Item |