WERDININGTYAS, AMIYARSI (2011) MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER KELAS IV SD NEGERI DAWUNG 2 KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf Download (343kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3)_Bab_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
4)_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
5)_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
6)_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
7)_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
9)_Lampiran_baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung 2 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan dalam merespon apersepsi guru sebelum diadakan tindakan sebesar 21,05%, dan di akhir tindakan mencapai 85%, 2) aktif memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 31,57%, dan di akhir tindakan mencapai 80%, 3) aktif dalam kerja kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 15,78%, dan di akhir tindakan mencapai 90%, 4) aktif menanggapi presentasi kelompok lain sebelum diadakan tindakan sebesar 10,52%, dan di akhir tindakan mencapai 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode giving questions and getting answer dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, metode giving questions and getting answer |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2011 09:06 |
Last Modified: | 07 Jun 2011 09:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12814 |
Actions (login required)
View Item |