MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER KELAS IV SD NEGERI DAWUNG 2 KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

WERDININGTYAS, AMIYARSI (2011) MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER KELAS IV SD NEGERI DAWUNG 2 KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_Bab_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
6)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9)_Lampiran_baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung 2 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan dalam merespon apersepsi guru sebelum diadakan tindakan sebesar 21,05%, dan di akhir tindakan mencapai 85%, 2) aktif memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 31,57%, dan di akhir tindakan mencapai 80%, 3) aktif dalam kerja kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 15,78%, dan di akhir tindakan mencapai 90%, 4) aktif menanggapi presentasi kelompok lain sebelum diadakan tindakan sebesar 10,52%, dan di akhir tindakan mencapai 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode giving questions and getting answer dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, metode giving questions and getting answer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:06
Last Modified: 07 Jun 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item