PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYAMELALUI PENDEKATAN TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SDN WERU 03 TAHUN PELAJARAN 2010 /2011 (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SDN Weru 03 Weru Sukoharjo)

UTAMI , IIN SRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYAMELALUI PENDEKATAN TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SDN WERU 03 TAHUN PELAJARAN 2010 /2011 (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SDN Weru 03 Weru Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman DEpan)
Halaman_depan.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Bentuk penelitian ini: Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan II Siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek yang diteliti siswa kelas IV SD Negeri Weru 03 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap putaran, kondisi awal ( 57,2%), putaran I (71, 42%), putaran II (92,86%). Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan Two Stay Two Stray dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan Two Stay Two Stray.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:51
Last Modified: 06 Jun 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item