QOMARIYAH, NUR (2003) ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (85kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab III)
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
Abstract
BPR merupakan salah satu lembaga keuangan yang kondisinya merupakan perwujudan dari serangkaian kebijakan pemerintah, usahanya kepada masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah. BPR perlu mengetahui keinginan nasabahnya karena perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor daya beli dan faktor kepercayaan masyarakat sehingga permasalahan di bidang pemasaran merupakan tantangan yang harus dihadapi. Dalam penelitian ini pemasaran dilakukan dengan pendekatan pada perilaku konsumen. Menurut Britt, untuk mengubah perilaku membeli maka yang harus diubah terlebih dahulu adalah sikapnya, selanjutnya model sikap dalam penelitian ini adalah model Fishbein dan Ajzen dalam Reasoned Action Model. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan evaluasi akan akibat perilaku terhadap sikap konsumen dalam mengambil kredit BPR, (2) Mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan motivasi untuk menuruti orang lain terhadap nama subyektif konsumen dalam mengambil kredit BPR, (3) Mengidentifikasi pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat konsumen dalam mengambil kredit BPR. Sampel digunakan dalam penelitian ini adalah PT. BPR Sukadana yang menjadi obyek penelitian adalah responden mengambil kredit BPR. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampling sebanyak 109 responden. Daftar pertanyaan yang dibuat diuji untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data terkumpul akan dianalisa dengan analisis deskriptif dan uji statistik menggunakan regresi berganda. Proses analisis menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sikap konsumen dalam mengambil kredit penting, dengan perhitungan nilai sikap 38,5767 terletak diantara skala 3 (netral) sampai skala 4 (penting) sebesar : 96,4118, sikap tersebut lebih besar dipengaruhi oleh keyakinan lingkungan keluarga yang nilainya 15,1631 dan menggunakan uji model perilaku Fishbein adalah positif dan penting dengan perhitungan BI = 15,825 terletak diantara skala 3 (netral) sampai dengan skala 4 (penting) yang besarnya 96,4118.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku konsumen, kredit BPR, |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 May 2011 10:16 |
Last Modified: | 31 May 2011 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12737 |
Actions (login required)
View Item |