ASPEK PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM UPACARA ADAT KIRAB PUSAKA MALAM I SURA ( Studi Kasus di Kraton Surakarta Hadiningrat )

WIDYASTUTI, TRI (2011) ASPEK PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM UPACARA ADAT KIRAB PUSAKA MALAM I SURA ( Studi Kasus di Kraton Surakarta Hadiningrat ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek pendidikan nilai religius dalam upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Sura di Kraton Surakarta Hadiningrat. Kirab pusaka adalah upacara adat yang dilaksanakan oleh Kraton Surakarta Hadiningrat, yang merupakan cabang budaya berupa tatacara kraton. Upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Sura tidak hanya sebagai sarana memanjatkan doa dan mencari berkah saja tetapi juga sebagai bentuk penyampaian nilai religius kepada masyarakat disekitarnya. Penelitian ini bertujuan: 1)Menggambarkan latar belakang upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Sura di Kraton Surakarta Hadiningrat, 2)Mendeskripsikan prosesi pelaksanaan upacara adat Kirab Pusaka 1 Sura di Kraton Surakarta Hadiningrat, 3)Mendeskripsikan aspek pendidikan nilai religius yang terdapat dalam upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Sura di Kraton Surakarta Hadiningrat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data.Subyek penelitiannya adalah Kepala Museum dan pariwisata, Pengageng sasana pusataka dan abdidalem Kraton Surakarta Hadiningrat. Sumber data diperoleh dari beberapa sumber yaitu informan, tempat dan peristiwa serta arsip maupun dokumen. Adapun tahapan pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah: pertama, prosesi kirab pusaka yaitu meliputi tahap persiapan yang dilakukan oleh warga keraton dan abdidalem kraton. Tahap pelaksanaan antara lain mengadakan doa bersama dan kirab pusaka yang intinya pusaka-pusaka dibawa ke masjid Ageng, mengeluarkan Kyai Slamet, mengeluarkan pusaka, terakhir keliling kraton. Peserta dalam kirab pusaka tersebut adalah para abdidalem dan para putra Sentana dalem. Kedua, nilai religius yang terkandung di dalam upacara adat Kirab Pusaka Malam 1 Sura adalah nilai keselamatan, nilai keberkahan, nilai ketuhanan, dan nilai kesejahteraan. Ketiga, pemahaman masyarakat terhadap nilai religius yang terkandung dalam upacara adat Kirab Pusaka 1 sura antara lain adalah mendapatkan ketentraman dan kesejahteraan, mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-27
Uncontrolled Keywords: religius, Kirab Pusaka Malam 1 Sura, adat jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 10:01
Last Modified: 25 Oct 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

View Item View Item