HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN

IRIYANI , ERNA (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DALAM FACEBOOK DENGAN CEMBURU PADA PASANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_IV.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (363kB)

Abstract

Cemburu pada pasangan merupakan hal yang dapat terjadi pada setiap orang. Cemburu yang dirasakan tersebut karena adanya ancaman dalam hubungan yang sedang terjalin dan rasa takut kehilangan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi cemburu pada pasangan yaitu persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook. Persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook yaitu proses penilaian seseorang yang bersifat subjektif dalam memperoleh, memperhatikan dan menafsirkan informasi yang dilihat secara selektif dalam interaksi sosial yang dilakukan pasangannya melalui situs jejaring sosial Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan, 2) tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook, 3) tingkat cemburu pada pasangan. Subjek dalam penelitian ini adalah yang menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk berpacaran, baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan, usia 17 – 24 tahun, memiliki pasangan yang dalam sehari waktu yang digunakan untuk membuka Facebook minimal 1 jam, minimal sekali update status dan telah memiliki Facebook minimal 2 bulan serta bertempat tinggal di wilayah Kota Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive incidental non random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan skala persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan skala cemburu pada pasangan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien (r) sebesar -0,558 dengan p < 0,01. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan terbukti yaitu ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dengan cemburu pada pasangan. Ketika seseorang dalam mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook positif, maka kecemburuan yang dirasakan akan rendah. Sebaliknya ketika seseorang mempersepsikan interaksi sosial yang dilakukan pasangan dalam Facebook negatif, maka kecemburuan yang dirasakan akan semakin tinggi. Variabel persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook mempunyai rerata empirik sebesar 98,780 dengan rerata hipotetik sebesar 92,5. Variabel cemburu pada pasangan memiliki rerata empirik sebesar 100,440 dan rerata hipotetik sebesar 92,5. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook dan cemburu pada pasangan subjek penelitian tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cemburu pada pasangan, Persepsi terhadap interaksi sosial dalam Facebook.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 May 2011 09:23
Last Modified: 16 May 2011 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item