PRIANGGARA, YUDAS (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KREATIVITAS KERJA PADA GURU TPA DI KECAMATAN KARANG NONGKO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (171kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
Abstract
Kreativitas sangat diperlukan bagi seorang guru TPA. Guru TPA yang memiliki kreativitas tinggi dapat merubah suasana pembelajaran agama yang monoton. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan penjelasan guru TPA tentang agama dan membaca Al Qur’an dengan cara mengeja dapat dirubah oleh guru TPA dengan memanfaatkan media elektronik seperti VCD sehingga anak timbul minat belajar agama. Kreativitas guru TPA dengan memanfaatkan sarana media elektronik selain menarik minat siswa juga mengajarkan kepada siswa untuk mengenal perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin modern. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas guru TPA adalah motivasi mengajar. Motivasi mengajar merupakan faktor berdasarkan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang, kekuatan ini akan mempengaruhi pikiran yang selanjutnya akan mengarahkan perilaku seseorang dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Hubungan antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 2). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. 3). Tingkat motivasi mengajar pada guru TPA. 4). Tingkat kreativitas kerja pada guru TPA. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten berjumlah 165 guru TPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru TPA yang ada di Kecamatan Karang Nongko, Klaten. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive non random sampling. Berdasarkan analisis data dengan korelasi product moment diperoleh hasil rxy = 0,526 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01). Peran motivasi mengajar terhadap kreativitas kerja sebesar 0,277 atau 27,7%. Hal ini berarti masih terdapat 72,3% dari beberapa variabel lain yang mempengaruhi kreativitas kerja. Kategori kreativitas kerja subyek tergolong tinggi dengan rerata empirik (ME) = 106,213 dan rerata hipotetik (MH) = 82,5 dan kategori motivasi mengajar subyek tergolong sangat tinggi dengan rerata empirik (ME) = 102,213 dan rerata hipotetik (MH) = 75. Kesimpulan penelitian ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi mengajar dengan kreativitas kerja pada guru TPA di Kecamatan Karang Nongko, Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011 - 17 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Mengajar, Kreativitas Kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2011 03:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2011 03:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12362 |
Actions (login required)
View Item |