PERSEPSI MANAJER MENENGAH ATAS PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PELIMPAHAN WEWENANG TERHADAP KINERJA MANAJER (Studi Empiris pada Yayasan Baruna Asih Surakarta)

NURTININGSIH , IIN (2011) PERSEPSI MANAJER MENENGAH ATAS PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PELIMPAHAN WEWENANG TERHADAP KINERJA MANAJER (Studi Empiris pada Yayasan Baruna Asih Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan__i-xiii_.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah persepsi manajer menengah atas pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer menengah. 2) Untuk menganalisis apakah persepsi manajer menengah atas pengaruh pelimpahan wewenang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer menengah. 3) Untuk menganalisis apakah persepsi manajer menengah atas pengaruh persepsi partisipasi penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer menengah. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sari Baruna Asih Surakarta. Populasi penelitian berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data variabel partisipasi penyusunan anggaran (X1), pelimpahan wewenang (X2), dan kinerja manajer menengah (Y) menggunakan angket. Uji validitas item digunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas item dengan rumus Alpha. Hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap 20 pertanyaan semuanya valid dan reliabel, sehingga dapat dijadikan alat ukur penelitian. Teknik analisis data digunakan rumus statistik dua macam, yaitu uji t (r parsial) dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dari perhitungan r parsial dapat disimpulkan: 1) Partisipasi Penyusunan Anggaran (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer menengah. 2) Pelimpahan Wewenang (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja menajer menengah. Analisis uji F diperoleh Fhit > Ftabel dengan p-value = 0,002 yang artinya partisipasi dalam penyusunan anggaran dan pelimpahan wewenang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajer menengah pada Yayasan Baruna Asih Surakarta. Pelimpahan wesenang memiliki pengaruh yang dominan dibandingkan dengan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajer menengah. Harga koefisien untuk pelimpahan wewenang sebesar 0,139 yang lebih besar dari koefisien variabel partisipasi penyusunan anggaran sebesar 0,138.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 08:23
Last Modified: 29 Apr 2011 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item