ASRINI , SRI (2011) PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN SONGS) DI TK AISYIYAH BALUWARTI PASARKLIWON SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (132kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB-1.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui proses pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aisyiyah Baluwarti. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris di TK Aisyiyah Baluwarti. (3) Mendiskripsikan kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai penjamin validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat tiga proses pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui nyanyian (songs) di TK Aisyiyah Baluwarti yaitu dengan metode demonstrasi, praktek langsung, dan penugasan, 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengenalan bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu (songs) meliputi penguasaan pengetahuan guru tentang pengajaran bahasa Inggris, sarana-prasarana, yaitu ruang kelas yang terlalu berdekatan, materi pembelajaran, dan siswa yang masih berusia 4-5 tahun, anak kurang berkonsentrasi, 3) Kesesuaian antara proses pengenalan kosakata bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui lagu di TK Aisyiyah Baluwarti dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini, kesesuaian ini dapat ditunjukkan dengan penggunaan communication principle, task principle, meaningfullness principle.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A520/2011-002 |
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan kosakata bahasa Inggris, metode lagu, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 09:24 |
Last Modified: | 04 May 2011 05:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11944 |
Actions (login required)
View Item |