MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CHART DAN MODEL PADA SISWA KELAS VIII SLTP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008

Muslikah, Ida (2008) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CHART DAN MODEL PADA SISWA KELAS VIII SLTP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040025.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
A420040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media chart dan model dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan mampu menarik perhatian siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar dari segi kognitif siswa sebesar 51,25 dan rata-rata pembelajaran kognitif meningkat sebesar 71 %. Dan rata-rata hasil belajar dari segi afektif siswa meningkat sebesar 37 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media chart dan model dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP N 3 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2 007/2008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media chart dan model, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2009 06:42
Last Modified: 01 Feb 2011 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item