PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

DARYANTI , WAFIKI (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Fiki.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh fasilitas belajar, dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 406 siswa. Sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F), uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 16,882 + 0,590X1 + 0,506X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan dorongan orang tua. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,272 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Dorongan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,700 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar siswa dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,948 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif 19,9%. Variabel dorongan orang tua memberikan sumbangan efektif 22,7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar, dorongan orang tua dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 04:08
Last Modified: 27 Apr 2011 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item