SUHARTI , SUHARTI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PARAFRASE WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI III MUNGGUNG KECAMATAN KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 27 siswa (12 putra dan 15 putri) dan guru kelas IV SD. Sumber data yang digunakan yaitu: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, tes/pemberian tugas menulis, dan analisis. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, analisis masalah, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survey awal, siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran dan peran peneliti sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan : 1) keaktifan siswa; 2) kemapuan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri III Munggung Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menulis narasi dengan teknik parafrase wacana dialog. Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa dapat dilihat dari nilai karangan siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 38%, pada Siklus II 64%, dan Siklus III 89%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan teknik parafrase wacana dialog mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan sekaligus mampu meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-006 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis Narasi, Teknik Parafrase, Wacana Dialog. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 10:15 |
Last Modified: | 04 May 2011 04:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11890 |
Actions (login required)
View Item |