VIKTORI DM., RINA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 09:49 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 09:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11883 |
Actions (login required)
View Item |