PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

VIKTORI DM., RINA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERORGANISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diambil diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Berorganisasi. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum pada siklus I adalah 48%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80%, dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi standar nilai KKM (62). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatan hasil belajar PKn materi Berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 09:49
Last Modified: 26 Apr 2011 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item