DIRGANTARI , RIRIN (2011) COMPARATIVE HASIL BELAJAR IPS MELALUI TEKNIK ASSESMENT SEARCH DAN TEKNIK KOOPERATIF MULTI LEVEL PADA SISWA KELAS V SDN 02 SURUHKALANG, JATEN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Suruhkalang yang terletak di desa Tuwuhan Kelurahan Suruhkalang Jaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Suruhkalang yang menggunakan metode aktif learning dan metode kooperatif. Dalam penelitian ini siswa dibentuk dalam satuan kelompok kecil dimana guru hanya sebagai fasilitator yaitu memberikan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif komparatif dengan menggunakan seluruh populasi di kelas. Hal ini disebabkan jumlah siswanya hanya 30 orang sehingga tidak ada penarikan sampel. Analisis penelitian ini menggunakan staatistik deskriptif dimana teknik analisisnya menghitung mean, median, modus, membuat tabel frekuensi komulatif, mencari variance, mencari standar deviasi dan membuat grafik poligon. Sedangkan dalam uji instrumen digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda soal. Hasil analisis ini didapatkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Suruhkalang dalam menggunakan teknik assesment search adalah 50.03. Untuk teknik kooperatif multi level adalah 60.07. Berdasarkan hasil tersebut diambil keputusan bahwa metode yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS adalah menggunakan teknik kooperatif multi level. Berdasarkan kesimpulan diatas maka disarankan bahwa dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS sebaiknya menggunakan teknik kooperatif multi level. Teknik ini akan membantu siswa lebih memahami materi yang akan diberikan oleh guru. Dengan teknik ini hasil belajar siswa dapat diperbaiki dengan hasil yang memuaskan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-005 |
Uncontrolled Keywords: | metode assesment search, kooperatif multi level |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 09:34 |
Last Modified: | 04 May 2011 03:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11879 |
Actions (login required)
View Item |