NURAINI, SITI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA ANTAR SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIKUWUNG JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (61kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab Iv)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama antar siswa dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode peer lessons pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.Jumlah siswa tersebut adalah 12 siswa terdiri dari 4 siswa putri dan 8 siswa putra.Penelitian mengambil materi bagian-bagian bunga dengan fungsinya pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dengan observasi, post test dan dokumentasi. Hasil analisis data bahwa penerapan model pembelajaran peer lessons dapat meningkatkan kerjasama antar siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung tahun pelajaran 2010/2012. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung tahun pelajaran 2010/2011 ditunjukkan dari peningkatan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 63,8 menjadi 68,3 pada siklus II dan 72,5 pada siklus III. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatikuwung Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi bagian-bagian bunga dengan fungsinya. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran peer lessons ternyata dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tentang bagian- bagian bunga dengan fungsinya dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penerapan pembelajaran peer lessons membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerjasama antarsiswa, hasil belajar IPA, peer lessons |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 09:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 09:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11872 |
Actions (login required)
View Item |