PENERAPAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI PERATURAN PERUNDANG –UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

YUWANA , KLARA SARI DEVI (2011) PENERAPAN METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI PERATURAN PERUNDANG –UNDANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 02 NGIJO KECAMATAN TASIKMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inside- outside circle dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang-undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting) Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang terdiri dari 4 langkah yaitu klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari nilai hasil belajar PKn siswa materi Peraturan perundang-undangan yang dilakukan melalui tes pada akhir setiap siklus. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar PKn siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pra siklus atau tahap sebelum dilakukan pembelajaran adalah 40%, kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan belajar siswa dibuktikan dengan hasil semua siswa kelas V mendapatkan nilai ≥ 7,0 sesuai KKM yang ditetapkan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inside-outside circle terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Peraturan Perundang- undangan siswa kelas V SD Negeri 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, inside-outside circle, peraturan perundang-undangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 10:11
Last Modified: 25 Apr 2011 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item