YULIANTI , RATNA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn. TENTANG KEBEBASAN BERORGANISASI DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 MOJOROTO KECAMATAN MOJOGEDANG KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Microsoft_Word_-_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Microsoft_Word_-_BAB_I.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Bab II)
Microsoft_Word_-_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
Microsoft_Word_-_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
Microsoft_Word_-_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
PDF (Bab V)
Microsoft_Word_-_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Microsoft_Word_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
Microsoft_Word_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V semester II dengan menggunakan metode bermain peran di SD Negeri 02 Mojoroto kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Mojoroto kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran pra siklus dari 17 siswa kelas V di SD Negeri 02 Mojoroto saat pelajaran PKn masih terdapat 9 siswa yang belum mencapai taraf tuntas. Data nilai formatif siswa pada siklus I dapat dilihat penurunan jumlah siswa yang belum tuntas yakni 6 siswa (35 %), sedangkan pada siklus II meningkat penguasaan materi siswa yakni terdapat 14 siswa yang tuntas atau tinggal menyisakan 3 siswa yang belum menguasai materi (18 %) dan pada siklus III secara keseluruhan siswa dapat tuntas. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V semester II di SD Negeri 02 Mojoroto kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-009 |
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan hasil belajar PKn, metode bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 09:46 |
Last Modified: | 04 May 2011 04:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11845 |
Actions (login required)
View Item |