PARYANTI , SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS XI TO 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
b__Halaman_Depan.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Bab I)
c__Bab_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
d__Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
e__Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab IV)
f__Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
g__Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
h__Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI TO 1 SMK Muhammadiyah Sukoharjo dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif, sehingga penelitian ini melakukan kerjasama dengan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam yang selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan menggunakan siklus-siklus dengan langkah : 1) observasi awal, 2) perencanaan tindakan, 3) pelaksanaan tindakan, 4) refleksi pada setiap tindakan atau siklus yang dilakukan, 5) evaluasi terhadap hasil akhir tindakan pada setiap siklusnya. Dari penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 3 siklus penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan cara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi siswa meningkat pada siklus III dari partisipasi siswa pada siklus I dan II. Rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi (meningkat) dari siklus I dan siklus II dilihat dari aspek kognitif (80,6 > 75,5 > 71,1) dengan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 juga mengalami peningkatan (85% > 76% > 39% = 39%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa menggunakan strategi Question Student Have.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420/2011-007 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Question Student Have, partisipasi dan hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 08:49 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11833 |
Actions (login required)
View Item |