ROHMAWATI , SRI YULI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
Abstract
Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali pada pokok materi Sistem Pernapasan pada Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan Strategi Reading Guide dan Role Playing. Strategi Reading Guide merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi secara mandiri siswa dengan membaca teks bacaan. Strategi Role Playing merupakan strategi yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Metode yang digunakan adalah membaca, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok dan ceramah. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-rata kelas 60,90. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas (68,29), dan siklus II (75,14). Pada ranah kognitif proses, tercapai skor dengan kriteria baik dan sangat baik % 75 ≥ dari setiap aspek yang diamati. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I (16,28) dan siklus II (18,94), sedangkan pada Role Playing siklus I (16,19) dan siklus II (19,97). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif produk, kognitif proses dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan hasil belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Role Playing siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Biologi, Strategi Pembelajaran Reading Guide dan Role Playing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 08:25 |
Last Modified: | 25 Apr 2011 08:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
View Item |