NURDIANAWATI , NITA DEWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek yang dinilai adalah aspek afektif yang berupa keaktifan siswa dan aspek kognitif yang berupa nilai dari postest) siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Penelitian di ikuti oleh 39 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Gatak. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gatak sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 52,6. Rata-rata siklus I meningkat menjadi 61,3. Siklus II 68,2 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 74,4. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif pada siklus I 1,7, siklus II 2,7 dan pada siklus III 2,66. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe Crossword Puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420/2011-014 |
Uncontrolled Keywords: | Crossword Puzzle (teka-teki silang),hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2011 08:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 06:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11828 |
Actions (login required)
View Item |