PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRADIPTA , PARIMITA (2007) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS XI RPL 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Partisipasi siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment, 2) Hasil belajar siswa kelas XI RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan menerapkan strategi pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan partisipasi siswa dalam keberanian mengemukakan pendapat pada siklus III mencapai 36,3%, keaktifan/peran serta mencapai 35,3%, menghargai pendapat teman mencapai 36,7%, kerjasama kelompok mencapai 31,7%, dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah mencapai 30,8%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  75 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (26,7%), dan mencapai 26 siswa (86,7%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan partisipasi siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-002
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Instant Assessment, partisipasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 05:21
Last Modified: 28 Apr 2011 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item View Item