RAHAYU , SLAMET PUR (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN MENGOPTIMALKAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Gasal di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (407kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (426kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I 21,88%, putaran II 25%, dan di akhir 40,63 %. b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,88%, putaran I 34,38%, putaran II 40,63% dan di akhir tindakan 56,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 18,75%, putaran I 34,38%, putaran II 43,75% dan di akhir tindakan 53,13%, d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 18,75%, putaran II 31,25% dan di akhir tindakan 37,5%, e) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 12,5%, putaran I 21,88%, putaran II 37,5% dan di akhir tindakan 43,75% dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 56,25%, putaran II 65,63%, putaran III 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dengan mengoptimalkan lembar kerja siswa dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, prestasi belajar, The Power of Two, lembar kerja siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2011 04:08 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11771 |
Actions (login required)
View Item |