Saputro , Wibowo Juli (2011) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ARITMATIKA SOSIAL DENGAN STRATEGI LEARNING CYCLE (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Gasal MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_pdf.pdf Download (157kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_pdf.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_pdf.pdf Download (14kB) |
|
PDF (lampiran 1)
lampiran-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
PDF (Lampiran 2)
Lampiran-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada aritmatika sosial dengan strategi pembelajaran Learning Cycle. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Filial Pulutan Boyolali, yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan minat belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator peningkatan minat meliputi: a) mengerjakan tugas mandiri, sebelum tindakan 34,62% dan di akhir tindakan 65,38 %. b) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 15,38% dan di akhir tindakan 46,15%, c) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan 34,62%, d) mengerjakan tugas di depan kelas sebelum tindakan 23,08% dan di akhir tindakan 53,85%, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 55 sebelum tindakan sebanyak 38,46% dan di akhir tindakan 69,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, hasil belajar, learning cycle |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2011 04:03 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11770 |
Actions (login required)
View Item |