KUSWARDANI , ISMI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING (PTK di SMP N 4 Wonogiri Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (328kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada Aritmetika Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Wonogiri tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah; 1) keaktifan siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 37,5 % dan setelah tindakan 68,18 %, b) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 25 % dan setelah tindakan 59,09 %, c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan 29,17 % dan setelah tindakan 63,64 %, d) siswa yang mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 20,83 % dan setelah tindakan 54,55 %, 2) prestasi belajar siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 50 % dan setelah tindakan 86,36 %, b) siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 45,83 % dan setelah tindakan 59,09 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, prestasi-belajar, problem-posing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 08:38 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 08:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11726 |
Actions (login required)
View Item |