PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari)

PRASETYO , EDY HERU (2011) PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_dll.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Adanya peningkatan aktifitas mencatat atau membuat ringkasan ketika mengikuti pembelajaran, meningkat dari 14,28% menjadi 51,43%. 2) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari 11,28% menjadi 54,28%. 3) Adanya peningkatan mengemukakan ide dalam pembelajaran, meningkat dari 5,71% menjadi 60,00%. 4) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal dan tugas, meningkat dari 25,71% menjadi 71,42%. 5) terjadi peningkatan siswa yang mengerjakan soal kedepan kelas, meningkat dari 2,86% menjadi 22,86%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Model Eliciting Activities dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pembelajaran Matematika, Model Eliciting Activities
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:25
Last Modified: 20 Apr 2011 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item View Item