PENGARUH POLA BELAJAR DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2007/2008

SUSANTI, MENIK (2008) PENGARUH POLA BELAJAR DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 2 Mojolaban semester gasal tahun ajaran 2007/2008, 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 2 Mojolaban semester gasal tahun ajaran 2007/2008, 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pola belajar dan kelengkapan sumber belajar secara bersama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP 2 Mojolaban semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel pola belajar (X1) dan kelengkapan sumber belajar (X2) sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang prestasi belajar ekonomi serta gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pola belajar dan kelengkapan sumber belajar. Angket diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan uji prasyarat, analisis regresi berganda, uji F, uji t, Sumbangan Efektif (SE) dan Sumbangan Relatif ( SR). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Mojolaban semester gasal Tahun Ajaran 2007/2008 terbukti dari hasil analisis dengan uji F diperoleh nilai Fhitung(30,715) > Ftabel(3,150); 2). Secara parsial variabel pola belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Mojolaban semester gasal Tahun Ajaran 2007/2008 terbukti dari hasil analisis dengan uji t diperoleh nilai thitung(2,142) > ttabel(2,009); 3). Secara parsial varibel kelengkapan sumber belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Mojolaban semester gasal Tahun Ajaran 2007/2008 terbukti dari hasil analisis dengan uji t diperoleh nilai thitung(2,131) > ttabel(2,009); 4). Berdasarkan perhitungan sumbangan efektif (SE) variabel pola belajar dan kelengkapan sumber belajar memberikan pengaruh positif dengan kontribusi efektif masing-masing SE% X1 = 26,92% dan SE% X2 = 26,77% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Mojolaban semester gasal Tahun Ajaran 2007/2008. Berdasarkan perhitungan sumbangan relatif (SR) variabel pola belajar dan kelengkapan sumber belajar memberikan pengaruh positif dengan kontribusi sebesar masing-masing SR% XI=50,14% dan SR%X2=49,86% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Mojolaban semester gasal Tahun Ajaran 2007/2008, sedangkan sisanya sebesar = 46,32% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Kelengkapan Sumber Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 07:33
Last Modified: 17 Nov 2010 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item