NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (91kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mengambil lokasi di YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen. Bentuk dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yakni guru kelas II YPSLB-C Gemolong dan siswa kelas II YPSLB-C Gemolong yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pendekatan kualitatif karena pada penelitian kualitatif memunculkan keadaan alamiah apa adanya. Dalam penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; (4) analisis dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan siswa kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011dengan menggunakan media gambar. Peningkatan kualitas proses dan hasil tersebut tercermin dari indikator sebagai berikut. (1) siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran membaca permulaan; (2) siswa mengalami peningkatan keterampilan membaca; (3) guru berhasil membangkitkan minat siswa; (4) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran serta mengembangkan materi ajar meningkat; (5) nilai yang diperoleh siswa meningkat pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus adalah 63,83 meningkat menjadi 65,83 pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,87. Selain itu penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa, pada tahap prasiklus terdapat 2 siswa yang aktif, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 3 siswa dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 5 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Permulaan, Media Gambar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2011 05:32 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 05:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11574 |
Actions (login required)
View Item |