ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN (GENDER) DAN COMPUTER ANXIETY TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (Survei pada mahasiswa akuntansi UMS dan UNS)

Mahayanti, Pipit Fitri (2007) ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN (GENDER) DAN COMPUTER ANXIETY TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (Survei pada mahasiswa akuntansi UMS dan UNS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Judul, Bab1, Daftar Pustaka)
bab_awal.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Dijaman era globalisasi sekarang ini, teknologi komputer telah dimanfaatkan untuk berbagai sendi kehidupan utamanya pada kegiatan bisnis. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer antara lain: penghematan dan ketepatan waktu, peningkatan produktivitas dan akurasi informasi yang lebih baik. Diterimanya teknologi komputer tergantung pada karakteristik teknologi informasi dan tingkat skill dari masing-masing individu pemakai komputer baik itu individu laki-laki maupun individu perempuan yang mana kedua-duanya memiliki tingkat kecemasan yang berbeda pula dalam menggunakan komputer. Keahlian yang dimiliki pemakai komputer tidak saja dapat meningkatkan kinerja organisasional secara keseluruhan, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja individual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan jenis kelamin (gender) dan computer anxiety berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS. Metode pengumpulan data menggunakan personal kuesioner. Populasi samplingnya adalah mahasiswa akuntansi UMS dan UNS yang sedang mengikuti mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan telah mengambil mata kuliah Aplikasi Komputer. Analisis data yang digunakan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliability. Untuk uji hipotesis menggunakan pengujian regresi berganda atas variabel Dummy dan pengujian asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearietas, heterokedastisitas). Hasil yang ditunjukkan dengan perhitungan dari analisis regresi berganda adalah CSE Gender CAN UMS = 7,143 − 0,168 +1,139 CSE Gender CAN UNS = 30,523 − 2,336 + 0,324 , 37 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 “tidak mampu diterima” yang artinya gender tidak berpengaruh terhadap keahlian menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS. Sedangkan Ha 2 “tidak mampu ditolak” yang artinya variabel CAN (computer anxiety) berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender, Computer Anxiety, Computer Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2011 09:33
Last Modified: 11 Apr 2011 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item