IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING MELALUI METODE TANYA JAWAB SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

SARI , MULTI YULIA (2008) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING MELALUI METODE TANYA JAWAB SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menganalisis dan menguji peningkatan keaktivan dan hasil belajar siswa melalui penerapan Improving Learning dengan metode tanya jawab. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga putaran. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Validitas data didasarkan pada teknik triangulasi. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keaktivan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun peningkatannya adalah sebagai berikut: 1). siswa yang berani bertanya sebelum tindakan ada 1(2,5%), setelah tindakan ada 16 siswa (42,1%) yang bertanya. 2). siswa yang menjawab pertanyaan dan memberikan pendapat sebelum tindakan ada 5 orang siswa (12,8%), setelah tindakan ada 18 anak (47,36%). 3). Siswa yang mau mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan ada 2 orang siswa (5,13%), setelah tindakan ada 10 siswa (26,32%). 4). keaktivan siswa dalam mengerjakan soal latihan sebelum tindakan adalah 0%, setelah tindakan 92,11% (35 siswa). 5). siswa yang mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) sebelum tindakan 0%, setelah tindakan sebanyak 35 anak (92,11%) mengerjakan PR. 6). tingkat ketuntasan siswa juga mengalami kenaikan dari 27 anak (72,07%) pada tindakan pertama menjadi 35 siswa (92,11%) pada tindakan ketiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improving Learning, Tanya jawab, Keaktivan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Apr 2009 07:45
Last Modified: 17 Nov 2010 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item