UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TUTORIAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL ( PTK SMP N 2 JUWIRING KLATEN )

WULANDARI, ICE PONDRA (2008) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TUTORIAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL ( PTK SMP N 2 JUWIRING KLATEN ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dibatasi pada 1) Kemampuan siswa; 2) Perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran . Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Juwiring Klaten yang berjumlah 40 siswa, sebagai pelaksana tindakan adalah peneliti dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika SMP Negeri 2 Juwiring Klaten, Kepala Sekolah dan satu mitra peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah 1) Kemampuan siswa meningkat dari 30% menjadi 92,5%, 2) Perilaku belajar siswa ditinjau dari perhatian siswa meningkat dari 72,5% menjadi 95%, 3) Perilaku belajar siswa ditinjau dari keaktifan siswa meningkat dari 5% menjadi 25%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan-belajar, Matematika, Tutorial, Persamaan-linier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Apr 2009 07:30
Last Modified: 17 Nov 2010 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item