PENGARUH PARTIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: STRATEGI DAN STRUKTUR ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey pada Perusahaan Manufaktur Se-Karesidenan Surakarta)

RUSTIYANI, TRI (2007) PENGARUH PARTIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: STRATEGI DAN STRUKTUR ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey pada Perusahaan Manufaktur Se-Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daft.pustaka)
dAPUS.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lAMPIRAN.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.2.3.4.5)
Bab.2.3.4.5.pdf

Download (141kB)

Abstract

Partisipasi dalam penyusunan anggaran merupakan pendekatan manajerial yang umumnya dinilai dapat meningkatkan kinerja manajerial. Struktur organisasi dengan pendelegasian wewenang yang tinggi mendorong pengembangan manajer ke tingkat profesional karena para manajer mempunyai kesempatan mengambil berbagai keputusan penting serta meningkatkan keahlian mereka. Sedangkan di sisi lain, strategi perusahaan yang mangadopsi strategi diferensiasi produk menghadapi suatu tingkat uncertainty (ketidakpastian) yang tinggi membutuhkan kinerja manajer yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial pada struktur desentralisasi dan strategi diferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diambil dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada perusahaan manufaktur di Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang karyawan perusahaan manufaktur di Surakarta yang diambil dengan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Struktur organisasi merupakan variabel moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Hasil analisis regresi interaksi partisipasi dan struktur organisasi memperoleh nilai thitung sebesar 2,630 dengan p-value sebesar 0,010 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer pada struktur organisasi yang bersifat desentralisasi dan berpengaruh negatif pada struktur organisasi yang bersifat sentralisasi. (2) Strategi organisasi merupakan variabel moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Hasil analisis regresi interaksi partisipasi dan strategi organisasi memperoleh nilai thitung sebesar 2,407 dengan p-value sebesar 0,018 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer pada strategi organisasi yang berorientasi pada diferensiasi produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, struktur organisasi, strategi organisasi, kinerja manajer
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:55
Last Modified: 08 Apr 2011 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11350

Actions (login required)

View Item View Item