FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Survey Pedagang di Pasar Klewer Surakarta)

PRASETYO , EKO (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Survey Pedagang di Pasar Klewer Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_pendahuluan.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pemahaman sistem self assessment, tingkat penghasilan, dan pelayanan informasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, termasuk field study yaitu noncontrived setting, dimana penelitian yang dilaksanakan pada lingkungan sebenarnya yang normal tanpa intervensi peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang diperlukan peneliti dengan menggunakan kuisioner, pengumpulan data dengan menggunakan angket pada responden untuk mengisi daftar pertanyaan tentang sistem self assessment, tingkat penghasilan dan pelayanan informasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penentuan sampel menggunakan metode Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode Sampling yang berupa Convenience Sampling. banyaknya jumlah responden sebanyak paling sedikit 4 atau 5 kali jumlah atribut yang digunakan dalam penelitian. Variabel yang digunakan sebanyak 4 atribut maka jumlah responden yang akan digunakan sebanyak 4 x 25 = 100 responden Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas dan data dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian dilakukan pengujian ketepatan model -2 Log Likehood (-2LL) dan uji ketepatan Hosmer and Lemenshow Test dan data dinyatakan fit. Faktor pemahaman terhadap sistem self assessment tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan SPSS for windows V 11.5 diketahui hasil dalam logistik uji t digantikan dengan uji Wald. Dalam perhitungan di atas nilai Wald untuk variabel X1 = 0.909 dengan signifikansi 0.340 > 0.05. Ini berarti kemungkinan menerima Ha sebesar 66 persen dan kemungkinan menerima Ho sebesar 34 persen. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut di atas maka diketahui bahwa self assessment berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajip pajak. Faktor tingkat penghasilan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan SPSS for windows V 11.5 diketahui nilai Wald untuk variabel X2 = 0.008 dengan signifikansi 0,305 > 0.05. Ini berarti kemungkinan menerima Ha sebesar 69.5 persen dan kemungkinan menerima Ho 30.5 persen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self assessment, tingkat penghasilan, pelayanan informasi perpajakan dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 03:35
Last Modified: 07 Apr 2011 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item