USAHA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BRAIN GYM SISWA TINGKAT SMP KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (PTK Pembelajaran di Kelas VIII SMP Negeri I Belitang)

Rizki, Desca (2008) USAHA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BRAIN GYM SISWA TINGKAT SMP KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (PTK Pembelajaran di Kelas VIII SMP Negeri I Belitang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040224.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A410040224.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika pada konsep operasi hitung aljabar sederhana, (2) meningkatkan hasil belajar dengan mengunakan senam otak (brain gym) sub pokok bahasan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Subyek penelitian adalah guru matematika sebagai subyek yang memberi tindakan, kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas VIII yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini, analisis data dilaksanakan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam tiga putaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman konsep operasi hitung aljabar sederhana dalam: (1) menjawab pertanyaaan dari guru meningkat dari 8,33% menjadi 55,56%, (2) mengajukan pertanyaaan kepada guru meningkat dari 5,55% menjadi 80,56%, (3) memberi tanggapan atas jawaban siswa lain meningkat dari 2,78% menjadi 77,78%, (4) mengerjakan soal kedepan meningkat dari 8,33% menjadi 86,11%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan: (1) latihan mandiri meningkat dari 22,22% menjadi 83,33%, (2) latihan terkontrol meningkat dari 27,78% menjadi 91,67%, (3) tugas mandiri meningkat dari 36,11% menjadi 97,22%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada materi operasi hitung bentuk aljabar sederhana dengan menggunakan senam otak (brain gym)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pembelajaran,aktivitas, prestasi, senam otak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 02:16
Last Modified: 24 Oct 2011 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item