Wibawanti, Izza Lutvi (2008) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR (PTK Kelas X MOA SMK Negeri Kartoharjo Magetan Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040210.pdf Download (162kB) |
|
PDF
A410040210.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah program linear siswa SMK Negeri 1 Kartoharjo Magetan melalui a) memahami masalah, b) merencanakan penyelesaian, dan c) melaksanakan penyelesaian dengan model pembelajaran pendekatan induktif. Subyek pelaku tindakan penelitian ini adalah guru matematika kelas XMOA SMK Negeri 1 Kartoharjo Magetan Tahun Ajaran 2007/2008, siswa kelas XMOA SMK Negeri 1 Kartoharjo Magetan yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan subyek pembantu adalah peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah (1) peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah program linear siswa melalui (a) peningkatan memahami masalah dari 17,65% menjadi 88,24%, (b) merencanakan penyelesaian dari 14,71% menjadi 91,18%, dan (c) melaksanakan penyelesaian dari 2,94% menjadi 91,18%. Serta (2) peningkatan hasil belajar siswa dari 17,65% menjadi 91,18%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan, Pemecahan-masalah, Pendekatan-induktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2009 01:59 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |