PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA( Survey Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Klaten )

LESTARI, ESTIQOMAH DWI (2007) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA( Survey Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Klaten ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
B200020117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
01_Halaman_Depan.PDF

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
02_BAB_I.PDF

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (21kB)

Abstract

Keberhasilan dan kinerja seseorang dalam suatu bidang pekerjaan ditentukan oleh tingkat kompetensi, profesionalisme dan juga komitmennya terhadap bidang yang ditekuninya, sehingga ketika kinerja yang optimal dapat tercapai maka karyawan akan merasa puas. Sedangkan pertanda awal adanya kepuasan kerja adalah komitmen organisasional dan komitmen profesional yang tinggi dari karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional dan komitmen profesional terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan (perawat) rumah sakit yang berada di Kabupaten Klaten. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 120 orang. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian diuji validitas dan diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Variabel komitmen organisasional memiliki nilai thitung = 3,944 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,980 dengan nilai p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), maka Ha1 diterima. Artinya komitmen organisasional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Jadi tinggi rendahnya kepuasan kerja ditentukan oleh tinggi rendahnya komitmen karyawan dalam lingkungan organisasi perusahaan. (2) Variabel komitmen profesional memiliki nilai thitung = 4,146 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,980 dengan nilai p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), maka Ha2 diterima. Artinya komitmen profesional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Jadi tinggi rendahnya kepuasan kerja ditentukan oleh tinggi rendahnya komitmen karyawan dalam menjalankan pekerjaan secara profesional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasional, komitmen profesional, kepuasan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:54
Last Modified: 04 Apr 2011 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item