PUTRI, APRIYANTI PANCA (2007) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Dpn.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab III)
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dptka.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open ended dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 3 Magelang tahun a jaran 2005/2006. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknis analisis data adalah teknis variansi dua jalan.Hasil uji validitas angket menunjukkan bahwa dari 25 item pertanyaan, diperoleh 23 item pertanyaan yang valid, yaitu nilai r hitung > dari r tabel (0,239). Hasil uji realibititas menunjukkan nilai r sebesar 0,8746. angka r alpha > 0,6 maka dinyatakan variabel penelitian adalah reliabel. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 12,586; 2) Ada pengaruh keaktifan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 47,762; 3) Ada interaksi antara pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi bel ajar matematika siswa dengan nilai F = 3,405. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi bel ajar matematika pada pokok bahasan pecahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | open-ended, keaktifan-belajar, prestasi-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2011 10:28 |
Last Modified: | 25 Mar 2011 10:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11038 |
Actions (login required)
View Item |