LESTARI , SRI (2007) IDENTIFIKASI STANDAR KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP SE-KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (311kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
Abstract
Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru yang dapat dilihat dari hasil pencapaian standar kompetensi guru yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2006 / 2007. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun pelajaran 2006/ 2007. Sampel diambil dari populasi sebanyak 9 orang guru yaitu 1 guru dari SMP N 1 Kebakkramat, 2 guru dari SMP N 2 Kebakkramat, 3 guru dari SMP N 3 Kebakkramat, 1 guru dari SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat, dan 2 guru dari SMP PGRI 8 Kebakkramat. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian skor rata-rata standar kompetensi guru mata pelajaran Biologi SMP se-Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2006 / 2007 terhadap; 1) Penguasaan bidang studi berkategori baik (3,47); 2) Pemahaman tentang peserta didik berkategori baik(3, 56); 3) Penguasaan pembelajaran yang mendidik berkategori baik (3, 42); dan 4) Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan berkategori baik (3, 51). Standar kompetensi guru yang dapat dicapai oleh guru dipengaruhi oleh sikap dan tingkah laku dalam menguasai penguasaan materi bahan ajar, pengelolaan proses belajar mengajar dan siswa serta latar belakang pendidikan guru. Dari hasil yang diperoleh guru hendaknya meningkatkan setiap aspek standar kompetensi guru, menerapkan setiap aspek standar kompetensi guru yang telah dikuasai saat proses belajar mengajar kepada siswa, Kepala Sekolah selalu memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi guru, selain evaluasi dari segi standar kompetensi guru, ada evaluasi dari segi kemampuan siswa, dan ada penelitian semacam ini selain mata pelajaran Biologi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | standar kompetensi guru, mata pelajaran Biologi, identifikasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 05:31 |
Last Modified: | 24 Mar 2011 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10974 |
Actions (login required)
View Item |